LG Smart Park bernama ‘Lighthouse Factory’ untuk teknologi manufaktur futuristik

LG Smart Park bernama ‘Lighthouse Factory’ untuk teknologi manufaktur futuristik

Forum Ekonomi Dunia mengakui LG untuk transformasi digital inovatif
Fasilitas manufaktur peralatan rumah tangganya di Korea Selatan

LG Smart Park, basis produksi LG Electronics (LG), telah dipilih sebagai pabrik Mercusuar oleh World Economic Forum (WEF).

Membentuk masa depan manufaktur, fasilitas WEF “Lighthouse” menerapkan teknologi Revolusi Industri 4.0, seperti Internet of Things, big data, kecerdasan buatan dan robot, ke dalam operasi manufaktur dan rantai pasokan untuk memberikan berbagai manfaat, mulai dari peningkatan efisiensi produksi hingga peningkatan kelestarian lingkungan.

“Ketika dunia bergulat dengan banyak tantangan, sungguh luar biasa melihat bagaimana Mercusuar menghasilkan manfaat keberlanjutan sambil mencapai tujuan bisnis, yang kami sebut eko-efisiensi,” kata Francisco Betti, kepala Shaping the Future of Advanced Manufacturing and Value Chains, Forum Ekonomi Dunia. “Kami membutuhkan mereka untuk terus menerangi jalan ke depan bagi komunitas manufaktur global dengan membentuk masa depan manufaktur yang bertanggung jawab yang bekerja untuk orang-orang, masyarakat dan lingkungan.”

Selama lima tahun terakhir, LG telah mengubah kompleks pabriknya di Changwon, Korea Selatan menjadi LG Smart Park, pusat manufaktur peralatan rumah tangga yang futuristik. Elemen kunci dari transformasi adalah sistem logistik tiga dimensi end-to-end yang diaktifkan secara digital, sistem analitik canggih berdasarkan teknologi komputasi tepi dan pembelajaran mesin yang memprediksi cacat, dan fasilitas canggih yang dapat memproduksi secara massal beberapa model untuk merespons secara fleksibel terhadap kebutuhan pelanggan.

Teknologi “digital twin” yang baru diimplementasikan memungkinkan sistem operasi untuk menganalisis proses produksi dalam realitas virtual. Ini dapat memprediksi apakah ada masalah yang akan terjadi dalam 10 menit ke depan dan menyediakan suku cadang dan bahan yang tepat untuk perakitan setiap alat dengan status operasi logistik fasilitas yang akurat dan terkini. Sensor yang memanfaatkan teknologi pembelajaran mendalam dipasang di seluruh pabrik untuk memantau setiap fase produksi secara real-time, membantu pekerja pabrik untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi. Akibatnya, biaya pengembalian produk yang cacat turun 70 persen dari tahun 2020 hingga 2021 sementara daya saing kualitas keseluruhan1 dan efisiensi produksi2 keduanya diperkuat secara signifikan.

Lantai satu, dua dan tiga di LG Smart Park menggunakan sistem konveyor overhead yang dengan cepat mengangkut kotak berisi komponen kulkas ke jalur produksi yang diperlukan. Terlampir pada setiap baris adalah gudang cerdas yang memantau inventaris secara real-time, memungkinkan manajemen bahan otomatis, termasuk permintaan suku cadang dan persediaan tambahan.

Di lapangan, automated guided vehicle (AGV) memanfaatkan konektivitas jaringan 5G yang stabil mengangkut suku cadang dan material ke mana pun mereka dibutuhkan di lokasi. Melalui sistem otomasi logistik tiga dimensi, perusahaan dapat meminimalkan jumlah ruang gudang yang dibutuhkan sebesar 30 persen dibandingkan dengan sistem logistik konvensional, dan mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk transportasi material per jam sebesar 25 persen.1

LG Smart Park juga telah mengadopsi penggunaan robot yang menampilkan mesin AI dan kamera untuk membuat proses produksi alat rumah lebih cepat dan lebih aman. Robot melakukan tugas-tugas berbahaya dan rumit, seperti pengelasan dan pengangkatan bagian berat dan peralatan.

LG berencana untuk menerapkan teknologi produksi cerdas yang inovatif yang dipelopori di LG Smart Park ke total 26 fasilitas produksi LG di 13 Negara, mempercepat transformasi digital jaringan manufaktur globalnya pada tahun 2025.

“LG Smart Park menggambarkan komitmen kuat kami untuk mengadopsi teknologi revolusioner sebagai pemimpin pasar peralatan rumah tangga premium global,” kata Lyu Jae-cheol, Presiden LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company. “Kami menyajikan Cetak biru untuk masa depan manufaktur, yang memberikan hasil yang lebih baik di seluruh aspek lingkungan, ekonomi dan lapangan kerja.”

Sumber : siaran pers LG https://www.lgnewsroom.com/2022/03/lg-smart-park-named-lighthouse-factory-for-futuristic-manufacturing-technology/

Bagikan

Leave a Reply

three × 1 =